Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Luka Diabetes

Manfaat lidah buaya untuk mengobati luka diabetes mungkin belum cukup di ketahui oleh banyak orang. Banyak orang yang menduga bahwasannya bahan alami yang satu ini hanya memiliki khasiat sebagai penyubur rambut dan untuk perawatan kulit. Maka dari itu, jika anda ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya seputar manfaat lidah buaya sebagai obat luka diabetes alami dan permasalahan kesehatan lainnya, anda dapat menyimak uraian singkat berikut ini.

manfaat lidah buaya

manfaat lidah buaya untuk luka diabetes

Lidah buaya atau aloe vera memiliki nama latin Aloe barbadensis milleer merupakan suatu jenis tumbuhan yang telah terkenal sejak ribuan tahun silam untuk kesehatan. Tanaman ini pun sangat mudah di temukan di kawasan kering afrika. Namun kini anda dapat sangat mudah menemukannya di mana pun termasuk di Indonesia, karena lidah buaya sendiri merupakan salah satu dari 10 tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk di kembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Sehingga kini banyak sekali dari pada masyarakat yang membudidayakan tumbuhan yang satu ini.

Kandungan dan manfaat lidah buaya untuk mengobati luka diabetes

Luka diabetes atau gangren merupakan salah satu penyakit yang jangan di anggap enteng. Karena jika tata cara perawatan luka dibetes salah atau pun terlambat maka kondisi luka tersebut akan semakin memburuk dan dapat berujung pada tahapan amputasi. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati luka diabetes selain dari pada madu. Menurut sebuah penelitian, lidah buaya sendiri memiliki banyak kandungan yang di antaranya adalah seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin polisakarida, dan berbagai komponen lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan terlebih untuk mengobati luka diabetes.

Selain dari pada itu, menurut Wahyono E dan kusnandar (2002), lidah buaya juga memiliki berbagai sifat yang diantaranya sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri dan terutama dapat membantu proses regenerisasi sel. Bahkan di samping itu, kandungan di dalamnya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, mengontrol tekananan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap penyakit kanker. nutrisi pendukung penyakit kankerdan penderita HIV/AIDS.

Adapun manfaat lidah buaya untuk mengatasi luka diabetes adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi gula dalam darah
Kandungan gula darah yang melambung tinggi menyebabkan luka diabetes mudah melebar dan sulit kering. Namun dengan dengan menggunakan lidah buaya kandungan gula darah penderita diabetes akan normal kembali. Hal tersebut di karenakan di dalam ldah buaya terkandung senyawa aloe emodin, yang merupakan sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta yang bermanfaat untuk mengurangi rasio gula darah. Hal ini di buktikan dalam pengobatan tradisional India yang menggunakan daun lidah buaya  untuk mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada seseorang yang menderita diabetes.

2. Sebagai antiseptik alami
Pada bagian daun dan akar lidah buaya terkandung senyawa saponin dan flavonoid. Sedangkan pada bgain daun lidah buaya mengandung tanin dan juga polifenol. Saponin sendiri berfungsi sebagai pembersih yang sangat berguna untuk menyembuhkan luka terbuka, termasuk luka diabetes. Sedangkan kandungan tanin sendiri berfungsi sebagai pencegah infeksi luka karena memiliki daya antiseptik yang cukup tinggi. Begitu pula dengan kandungan polifenol atau flavonoid yang juga memiliki aktivitas sebagai antiseptik.

3. Regenerasi kulit
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya lidah buaya memiliki  andungan antioksidan yang cukup tinggi yang meliputi vitamin C, flavonoid dan beta karoten. Maka dari pada itulah lidah buaya dapat membantu meregenerasi jaringan kulit yang telah rusak bahkan membusuk seperti pada kulit yang terkena diabetes. Selain dari pada itu, juga memiliki efek penuaan, memudarkan bekas luka dan garis-garis putih atau merah pada masa kehamilan (stretch mark), merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergotres serta dapat memudarkan bintik kehitaman.

Sedangkan untuk mengobati luka diabetes dengan menggunakan lidah buaya sendiri adalah dengan memotong dan meremas lidah buaya yang sebelumnya telah di bersihkan terlebih dahulu dalam sebuah mangkok, sehingga gel lidah buaya keluar. Setelah itu, tempelkan gel lidah buaya tersebut pada luka diabetes secara teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat lidah buaya untuk mengobati luka diabetes secara efektif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Salam sehat!

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Luka Diabetes | manfaatglucoberry | 4.5
PROMO Diskon dan Harga Lebih Murah untuk Pembelian QnC Jelly Gamat Di Atas 4 Botol >> Disini !!!