Mengenal Gejala Eksim Pada Kulit Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Gejala eksim pada dasarnya memiliki tanda dan ciri yang hampir sama dengan penyakit kulit lainnya. Bahkan, karena jenisnya yang beragam, penderitanya sering kali tidak menyadari bahwasannya dirinya telah terserang penyakit kulit jangka panjang ini.

gejala eksim

Penyakit kulit eksim atau eksema adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal. Kondisi ini juga umumnya disertai dengan kulit yang memerah, kering dan juga pecah-pecah. Penyakit kulit ini termasuk penyakit jangka panjang yang gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian hilang. Kondisi ini juga sering disebut dengan dermatitis atopik.

Penyakit ini umumnya sering kali muncul pada anak-anak. Tapi, dermatitis atopik juga bisa menyerang orang-orang pada usia berapa pun. Penyakit ini juga bisa muncul pada penderita asma atau hay fever. Bagian kulit yang memiliki lipatan adalah tempat dimana penyakit kulit ini kerap kali muncul.

Adapun beberapa bagian tubuh yang sering kali menjadi lokasi kemunculan eksim, diantaranya seperti bagian dahi pada wajah, sekitar mata dan telinga, bagian siku, bagian samping leher, bagian belakang lutut, sekitar lipatan selangkangan, bagian pergelangan kaki depan, bagian lengan dan jari tangan dan masih banyak lagi.

Kulit yang kering akan terasa sangat gatal, dan bisa menjadi gejala awal dari kondisi ini. Kulit akan mengalami iritasi dan juga memerah saat kita mulai menggaruk bagian kulit yang terasa sangat gatal. Biasanya setelah itu, akan diikuti pula oleh benjolan kecil yang melepuh bahkan infeksi.

Luka melepuh ini kemudian akan mengeluarkan cairan atau menjadi kulit kering yang pecah-pecah. Seluruh gejala seperti kulit kering, gatal-gatal dan juga antiinflamasi akan muncul dan menghilang. Selama ini terjadi lapisan kulit akan menebal sehingga kulit juga terasa kasar.

Apa penyebab penyakit eksim pada kulit?

Penderita eksim pada kulit atau eksim atopik juga sering kali mengalami alergilain. Hingga kini, penyebab sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun biasanya esksim atopik ini sering kali disertaidengan kondisi medis lainnya seperti halnya hay fever atau sensitif terhadap serbuk sari dan juga asam.

Tanda dan gejala eksim pada kulit berdasarkan jenisnya

Di dunia kedokteran, penyakit kulit yang juga disebut dermatitis ini diketahui memiliki beragam jenis. Sehingga pengobatan atau penatalaksanaanya akan jelas berbeda. Adapuun beragam jenis eksim tersebut diantaranya adalah:

1. Dermatitis kontak alergi

Adalah jenis eksim berupa reaksi peradangan pada kulit yang terjadi setelah kulit bersentuhan dengan benda atau zat tertentu yang menyebabkan alergi (alergen) walaupun hanya sedikit. Adapun gejala yang kemungkinan timbul adalah ruam kemerahan, peradangan, gatal, kulit kering, berisik, lecet melepuh, menebal, pecah-pecah, terasa sakit saat di sentuh hingga pecahnya luka melepuh.

2. Dermatitis verikosa

Merupakan jenis eksim yang paling serng mengenai bagian bawah kakidan disebabkan oleh masalah aliran darah melalui vena kaki. Gejala yang dapat dikenal dari jenis eksim ini adalah rasa gatal, merah dan membengkak, kulit kering, kulit bersisik atau berkerak.

3. Dermatitis discoid

Adalah jenis eksim yang terjadi dengan bentuk lesi bulat atau oval. Selain itu, gejalanya juga terasa gatal dan panas terutama di malam hari. Untuk eksim basah, biasanya kulit tampak melepuh merah, bengkak, basah dan timbul bintil yang mengandung air atau nanah. Sedangkan pada eksim kering, kulit tampak bersisik keras, mengeropeng dan kemerah-merahan.

4. Dermatitis dishidrotik (pompholyx)

Adalah jenis eksim yang menimbulkan luka lepuhan kecil yang bisa pecah disepanjang telapak dan jari tangan maupun kaki. Lepuhan tersebut biasanya berisi cairan dan terkadang terasa gatal. Lepuhan tersebut umumnya akan menetap hingga 3 minggu sebelum mengering. Dan setelah mengering, lepuhan tersebut akan menjadi pecah-pecah dan juga terasa sakit.

4. Dermatitis numularis

Jenis eksim ini banyak menyerang wanita dan membentuk ruam atau bercak kemerahan berukuran kecil, namun banyak dan berkelompok. Bercak tersebut kemudian mengluarkan cairan dan dapat mengumpul, yang kemudian membesar sehingga membentuk sebuah koin.

5. Dermatitis seboroik

Adalah jenis eksim yang tumbuh di sisi hidung, alis, telingan dan kulit kepala. Untuk gejalanya, kulit gatal seperti terbakar, kulit kepala berwarna merah dan berketombe, kelupasan kulit atau ketombe juga terjadi di jenggot dan alis, kelopak mata akan berkerak atau kemerahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Dermatitis stasis

Adalah jenis eksim yang membuat kulit menjadi keras dan berwarna coklat. Biasanya eksim ini timbul di pergelangan kaki. Pada awalnya, kulit menjadi merah dan sedikit bersisik. Setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, warna kulit akan berubah menjadi coklat gelap.

Adapun selain dari pada memperhartikan berbagai gejalanya, perhatikan beberapa faktor yang mampu memperburuk gejala eksim pada kulit seperti berikut:

– Menggaruk kulit sehingga mengalami luka atau iritasi
– Kulit yang kering
– Infeksi bakteri dan virus
– Cuaca panas dan perubahan tingkat kelembapan, keringat tubuh
– Cairan pelarut, pembersih, sabun dan deterjen.
– Makanan seperti telur, kacang, susu, kedelai dan ikan (terlebih dampaknya pada bayi dan anak kecil).
– Debu dan serbuk sari
– Asap rokok dan polusi udara.
– Pakaian, selimut atau karpet dari bahan wol.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar gejala eksim pada kulit sesuai dengan jenisnya. Jika anda mendapati berbagai gejala yang telah di sebutkan di tas, maka sebaiknya segera periksakan atau terl;ebnih dahulu coba atasi dengan obat herbal esksim dari bahan alami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kesehatan anda. Salam sehat!

Mengenal Gejala Eksim Pada Kulit Berdasarkan Jenis-Jenisnya | manfaatglucoberry | 4.5
PROMO Diskon dan Harga Lebih Murah untuk Pembelian QnC Jelly Gamat Di Atas 4 Botol >> Disini !!!