Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Cara mencegah ruam popok pada bayi pada umumnya nyatanya sangat mudah lho bun. Hanya saja di perlukan ketelatenan terutama dalam memilih dan mengganti popok atau pempers si kecil. Adapun untuk informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam informasi berikut ini.

cara mencegah ruam popokApakah anda pernah mendapati area pantat bayi terlihat sedikit merah dan iritasi terutaa setelah menggunakan pampers? Di tambah lagi sang bayi cenderung mudah rewel? jika iya, kemungkinan besar itu adalah ruam popok.

Ruam popok sendiri adalah peradangan pada kulit bayi di area yang tertutup popok, dan umumnya terjadi pada bokong hingga ke lipatan paha, paha dan sekitar alat kelamin bayi. Ruam popok ini lebih banyak di alami oleh bayi yang berumur 9 bulan hingga 1 tahun.

Kulit yang mengalami ruam ini umumnya terjadi karena reaksi kulit yang secara terus menerus bersentuhan dengan urine dan juga tinja. Selain itu, penyebab ruam popok juga di sebabkan oleh faktor lainnya seperti:

– Gesekan dan lecet. Seperti pemakaian popok yang terlalu ketat.
– Iritasi dengan produk bayi yang baru di gunakan seperti sabun, pampers, bedak, detergent dan lainnya.
– Pengaruh jenis makanan baru.
– Kulit bayi yang sensitif, seperti pada bayi yang mengidap penyakit eksim.
– Infeksi bakteri atau jamur.

Sebagian besar bayi umunnya pernah mengalami ruam popok. Meski kondisi ini tidak berbahaya, namun tetap saja di perlukan penanganan dan pencegahan yang tepat, karena kondisi tersebut umumnya akan sangat mengganggu kenyamanan sehingga si kecil cenderung menjadi lebih rewel.

Cara mencegah ruam popok pada bayi karena pampers

Setelah pada kesempatan sebelumnya kami informasi bagaimana cara mengatasi ruam popok secara alami, sekarang giliran anda juga sebagai bunda cerdas, untuk mencegah terjadinya ruam popok sehingga tidak di alami oleh si kecil akibat penggunaan pampers. Diantaranya dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan segera mengganti popok bayi dari kain maupun pampers anda dengan sesegera mungkin setelah popoknya basah atau kotor.
  • Bersihkan pantat bayi anda dengan seksama setiap buang air besar dan keringkan pantatnya. Namun hati-hati untuk tidak menggosok kulitnya terlalu sering dan juga terlalu keras.
  • Olesi pantat bayi anda yang lapisan tipis minyak pelindung atau dengan menggunakan jelly petroleum.
  • Saat memakaikan popok atau pampers baru, pastikan terpasang dengan nyaman, dan tidak terlalu ketat maupun longgar, namun tetap memungkinkan adanya sirkulasi udara.
  • Pertimbangkan pada saat menggunakan popok sekali pakai atau pampers. Pilihlah pampers yang memiliki lapisan tipis losion pada permukaan kain untuk menjaga kulit bayi anda tetap kering.
  • Apabila si kecil tengah mengunakan obat antibiotik atau tengah mengalami diare, terus awasi bagian pantatnya dan gantilah popoknya sesering mungkin.

Itulah berbagai cara mencegah ruam popok pada bayi yang bisa anda praktekan sekarang juga di rumah. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi | manfaatglucoberry | 4.5
PROMO Diskon dan Harga Lebih Murah untuk Pembelian QnC Jelly Gamat Di Atas 4 Botol >> Disini !!!