Bahan Dan Zat Kimia Berbahaya Pada Produk Pemutih Kulit

Bahan dan zat Kimia berbahaya pada produk pemutih kulit – Selamat Berkunjung bagi anda di manfaatglucoberry.com yang kali ini akan berbagi tips dan juga informasi dari dunia kesehatan mengenai bahan dan zat kimia berbahaya pada produk pemutih kulit wajah, yang akan kami kupas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

bahan dan zat kimia berbahaya pada produk kecantikan

bahan dan zat kimia berbahaya pada produk kecantikan

Banyak orang terlebih kaum wanita pada umumnya menginginkan memiliki paras yang cantik dan kulit mereka putih dan bersih. Terutama mereka yang berada di asia dan juga afrika. Tak henti-hentinya mereka berbondong-bondong mencari krim atau obat yang dapat memutihkan kulit mereka seketika. Sayangnya, mereka tidak mengetahui bahwa sebagian krim atau pemutih instan yang mereka pakai itu, mengandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit di kulit atau kerukasakan organ yang dapat berujung pada kematian.

Bahan dan zat kimia berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan dan pemutih kulit

Ada beberapa bahan dan zat kimia berbahaya yang kerap kali BPOM temukan pada beberapa produk  krim kecantikan dan pemutih kulit yang patut anda waspadai.

1. Merkuri (air raksa)

Zat ( bahan kimia) yang satu ini kerap di masukan ke dalam bahan cream pemutih kulit oleh opnum-opnum yang tidak bertanggung jawab. Zat yang satu ini termasuk logam berat yang beracun meski di gunakan dalam jumlah yang kecil. Bahan yang satu ini jika di oleskan akan akan mengerutkan noda hitam seolah menjadi hilang, namun jika pemakaian di berhentikan maka noda tersebut kan muncul kembali dan akan menjadi lebih lebar. Nama merkuri yang tercantum pada produk pemutih adalah Hg, klorida mercorous, merkuri amoniasi, klorida amia dari merkuri, air raksa, cinnabaris, hydrargyri oxydu rubrum (merkuri oksida), dan merkuri iodide. Jika merkuri di oleskan pada kulit maka, zat berbahaya tersebut akan langsung meresap melalui aliran darah. Efek samping yang di timbulkan dari penggunaan merkuri yang terdapat pada produk kosmetik, antaralain adalah sebagai berikut.

  • Efek samping dalam jangka pendek, merkuri dapat menyebabkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah iritasi pada kulit, mual, muntah, diare.
  • Efek jangka panjang, merkuri dapat menyebabkan beberapa keruksakan organ seperti keruksakan saraf otak, ginjal, kanker, alzheimer, parkinson, dan gangguan pada perkembanggan janin.

2. Hidrokinon (Hydroquinone)

Zat kimia yang satu ini juga sering terdapat pada sebagian produk pemutih kulit. Zat kimia yang satu ini menghambat produksi melanin (penentu warna kulit, yang di tentukan dari kombinasi faktor keturunan dan tingkat paparan inar matahari). Sehingga kulit terlihat lebih cerah. Maka sepatutnya penggunaan hidrokinon haruslah ada pada pengawasan dokter. Pengguanaan zat kimia ini tidak boleh melebihi kapasiats 2% dan tidak boleh di pakai secara terus menerus. Jika hal tersebut terjadi maka dapat mengakibatkan efek samping dalam jangka panjang, di antaranya adalah dapat mengakibatkan kelainan ginjal, Kelainan fungsi hati dan kanker darah (Leukimia).

3. Rhodamin B

Merupakan bahan kimia yang pada umumnya di gunakan untuk pewarna tekstil, namun kini banyak opnum-opnum nakal yang mengguanakanya sebagai campuran pada produk pemutih kulit. Efek yang di timbulkan dari bahan kimia yang satu ini adalah memberikan efek warna merah pada wajah. Selain itu, jika bahan kimia ini terus di oleskan pada kulit maka akan memberikan efek jangka panjang seperti mengiritasi saluran pernafasan, kanker dan juga keruksakan hati.

4. Tretinoin atau asam retinoat ( retinoic acid)

Bahan kimia yang biasanya terdapat pada produk pemutih dan anti jerawat ini sangat baik untuk di hindari. Karena bahan kimia yang yang satu ini bersifat keras sehingga menyebabkan kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik atau cacat janin.

Apa saja ciri-ciri produk pemutih kulit yang bersifat berbahaya?

Adapun beberapa gejala yang dapat anda rasakan, jika cream atau produk pemutih kulit yang anda pakai memakai bahan atau zat kimia yang berbahaya, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Efek setelah memakai produk tersebut di rasakan dalam waktu dekat. Seperti setelah 3 hari pemakain produk tersebut kulit menjadi putih bersih, dan jerawatpun hilang secara menyeluruh.
  • Timbulnya iritasi setelah awal pemakaian seperti wajah merah, gatal-gatal, pusing, mual, muntah dan sebagainya.
  • Wajah terlihat merah apabila sedang berada di bawah sinar matahari.
  • Wajah tampak berminyak yang tidak sewajarnya.
  • Jika pemakaian produk di berhentikan, maka flek hitam akan lebih melebar dan warna hitampun akan kembali.
  • Terjadi gangguan pada saluran kemih.
  • Kulit terasa terbakar jika terkena sengatan matahari.

Bagaimana memilih produk pemutih kulit yang aman?

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memilih produk pemutih yang aman, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebelum anda membeli produk pemutih, perhatikan terlebuh dahulu dosis dan bahan yang di gunakan. Jika anda mendapati produ yang mengandung bahan atau zat kimia yang berbahaya di dalamnya maka urungkan niat anda untuk membeli produk tersebut.
  • Pilihlah produk pemutih kulit yang sudah terdaftar di BPOM atau DINKES.
  • Sebelum di oleskan pada wajah, cobalah terlebih dahulu oleskan pada bagian belakang telinga, karena rea tersebut sama dengan kulit wajah. Jika menimbulkan iritasi maka produk tersebut tidak aman untuk di pakai.
  • Perhatikan pula perubahan yang terjadi. Apakah hasil yang anda inginkan terjadi dalam waktu yang cepat? atau pada awal pemakaian terjadi iritasi? Hal ini untuk mengantisipasi penggunan produk berbahaya dalam jangka waktu panjang, karena sebagian produk tidak mencantumkan bahan berbahaya yang mereka gunakan dalam kemasan. Untuk itu, konsumen sangat di tuntut untuk memilih produk kecantikan yang mereka pakai.
  • Ada baiknya, pilihlah produk yang mengandung bahan alami seperti vitamin C.

Sejatinya memiliki warna kulit coklat atau nampak gelap itu tidak buruk terlebih di sertai dengan kulit yang sehat. Malah kulit berwarna coklat dapat mengkal ultraviolet sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Berbeda dengan mereka yang memakai produk pemutih, kulit ari mereka akan terkeluas sehingga, kulit mereka mudah terbakar sengatan sinar matahari.

Jika kita ingin terlihat lebih cantik dengan mempunyai kulit putih juga tidak salah. Tapi, alangkah baiknya untuk menggunakan produk pemutih kulit yang aman dan bebas dari bahan dan zat kimia yang memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh. Dan sebaiknya gunakanlah produk pemutih kulit alami yang bebas dari bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping apapun.

Nah itulah informasi dan tips yang dapat kami sampaikan pada kesemaptan ini. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda, terutama untuk memilih produk kecantikan anda. terimaksih telah mengunjungi halaman kami dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Baca juga artikel yang lainnya:

Bahan Dan Zat Kimia Berbahaya Pada Produk Pemutih Kulit | manfaatglucoberry | 4.5
PROMO Diskon dan Harga Lebih Murah untuk Pembelian QnC Jelly Gamat Di Atas 4 Botol >> Disini !!!